Akhirnya kamu berhasil mendapatkan pekerjaan impianmu. Selamat ya! Kamu pasti senang dan bangga. Namun kamu pasti akan merasa deg-degan memikirkan bagaimana menghadapi hari pertama bekerja. Terlintas di pikiranmu berbagai pertanyaan yang membuatmu deg degan. Budaya kerjanya seperti apa di sana? Bagaimana cara berinteraksi dengan rekan kerja dan atasan?
Karena itu perlunya memiliki kemampuan beradaptasi menjadi sangat penting terutama pada hari pertama masuk kerja untuk mendapatkan impresi yang baik. Dengan kesan awal yang baik, kamu dapat lebih mudah beradaptasi, bekerja lebih semangat, serta produktivitas kerjamu akan meningkat.
Berikut tips-tips yang dapat kamu coba untuk untuk mencapai hal tersebut:
Datang Lebih Awal
Kamu bisa datang lebih awal di hari pertama masuk kerja di tempat baru dan menggunakan waktu tersebut untuk menenangkan diri serta memperhatikan situasi dan hal - hal detail yang ada di kantor.
Cermati dan Pahami Lingkungan Kerja Yang Baru
Hari pertama kamu bekerja, biasanya HRD akan memberikan peraturan kerja serta membawamu untuk keliling ruangan yang ada di kantor. Kamu juga akan diperkenalkan ke semua karyawan yang ada , terutama calon rekan-rekan kerja satu timmu yang akan bekerjasama dengan kamu secara langsung .
Karena itu, penting untuk cepat menghafal nama-nama mereka seakurat mungkin dan perhatikan ruangan-ruangan penting yang sering dikunjungi di kantormu. Jangan sungkan untuk bertanya jika lupa.
Perhatikan rutinitas di sekelilingmu dan budaya kerja yang ada , dengan begitu kamu akan lebih mudah mengikuti ritme kerja di tempatmu berada.
Gunakan Waktu Luang Bersosialisasi di Tempat Kerja
Kehadiran teman-teman baru di tempat kerja pastinya sangat menyenangkan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memberi kesan baik dimulai dengan obrolan singkat seperti menyapa, menanyakan kabar, membicarakan hobi, atau berita yang sedang hangat.
Kamu juga dapat menerima ajakan makan bersama atau kegiatan-kegiatan yang diadakan rekan kerjamu untuk saling mengenal. Jika kamu belum ada yang mengajak makan siang, kamu dapat bertanya mau makan di mana ke rekan kerja yang duduknya paling dekat denganmu,dengan begitu kamu akan diajak bergabung untuk makan bersama.
Jadi Pribadi yang Ramah dan Terbuka
Di mana pun kita berada, pribadi yang ramah dan menyenangkan biasanya memiliki banyak teman. Demikian pula di tempatkerja baru, kamu bisa menunjukkan kepribadian yang ramah, sopan dan menyenangkan agar hubungan kita dengan rekan kerja terjalin dengan baik. Dengan begitu, kamu akan cepat beradaptasi di lingkungan baru dengan cepat.
Kenali Karakter Rekan Kerjamu
Selama kamu bersosialisasi dengan rekan-rekan kerja baru, usahakan untuk mengenal karakter setiap orang yang ada di tempatmu terutama di dalam tim kamu dahulu. Dengan begitu, kamu akan memahami bagaimana harus bersikap terhadap mereka.
Tunjukkan Profesionalitasmu
Biasanya sebagai karyawan baru, kamu akan lebih banyak disorot oleh atasan ataupun rekan kerjamu, karena itu tunjukkan profesionalitasmu seperti datang ke kantor tepat waktu, mentaati peraturan dan kebijakan perusahaan, serta mengikuti budaya kerja yang ada
Ketika harus berkoordinasi dengan rekan kerja atau atasan, dengarkan secara cermat dan pahami hal-hal yang ditugaskan kepadamu. Jangan ragu untuk bertanya secara detail jika masih ada hal yang belum jelas , dan jangan lupa mencatat semua informasi secara detail agar kamu tidak lupa.
Hindari terlalu sering absen di hari-hari awal masa kerjamu. Apalagi izin atau cuti untuk hal-hal yang kurang penting dan tidak bersifat darurat.
Selalu fokus pada pekerjaan, hindari berdiskusi masalah pribadimu atau urusan percintaan, bahkan usaha sampinganmu, sehingga kamu dapat menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu.
Bertanya Jika Ragu
Jika masih kurang paham terhadap tugas atau penjelasan yang diberikan, jangan sungkan untuk bertanya kembali. Caranya adalah dengan melakukan konfirmasi kembali ke atasan atau rekan kerja kita penjelasan sesuai dengan versi kamu. Dengan begitu kamu akan terlihat lebh profesional sehingga kamu dapat mengerjakan pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan.
Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan sebagai karyawan baru agar adaptasi kamu semakin lancar dan karirmu akan semakin mulus.
Jangan lupa untuk melihat peluang kerja terbaru dari Globalcareer.id. Kamu juga dapat mengetahui lowongan kerja terbaru atau tips wawasan karir terbaru dengan cara mendaftarkan emailmu di sesi bagian paling bawah “Berlangganan Lowongan Kerja Terbaru”.